Tips Aman Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi

Last Modified on: 2014-01-27 10:47:52 by

tips aman mudik lebaran

Lebaran merupakan saat yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan lamanya berpuasa, maka tibalah hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran.


Dalam kamus Wikipedia ditulis sebagai berikut : Lebaran Idul Fitri atau biasa disebut "Lebaran" saja dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri tiba, orang-orang Islam umumnya saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan dengan tetangganya, juga familinya setelah menunaikan Salat Ied.

Lebaran identik dengan kata mudik, artinya setiap hari lebaran akan tiba, maka ribuan orang akan bergegas untuk pulang kampung.

Bagi penduduk perkotaan seperti Jakarta yang biasanya ramai lalu lintas, maka di hari lebaran kita akan menjumpai jalanan yang sepi dan arus lalu lintas yang sangat lancar. Mengapa hal ini terjadi, karena sebagian besar penduduk Jakarta akan memilih untuk mudik ke kampung halamannya.

Berbagai cara dilakukan untuk dapat pulang ke kampung halamannya. Ada yang memilih menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, kapal laut ataupun pesawat terbang. Meskipun harganya bisa berkali-kali lipat, namun tiket yang dijual selalu habis terjual sebelum hari H.

Beberapa keluarga yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor biasanya akan lebih senang memakai kendaraan pribadinya, dengan menggunakan kendaraan milik pribadi, mereka akan merasa lebih nyaman dan leluasa. Dan nanti di kampung halamannya pun kendaraan tersebut dapat sangat bermanfaat sekali untuk mengunjungi rumah sanak familinya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mudik lebaran menggunakan mobil pribadi adalah sebagai berikut:
1. Cek dan Service Kendaraan sebelum digunakan
Saat anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi hal yang perlu anda siapkan adalah service terlebih dahulu kendaraan di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Pastikan kondisi tekanan angin ban, air radiator,wiper, air aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi baik. Periksa juga oli mesin, power steering, minyak rem dan karet-karet mobil serta fan belt dalam keadaan baik.

2. Bawa minuman, makanan dan obat-obatan yang cukup
Bila perjalanan yang anda tempuh cukup jauh sediakan minuman, makanan dan obat-obatan secukupnya. Kalau minuman atau makanan Anda habis di jalan, Anda dapat berhenti untuk membeli makanan dan minuman di rest area atau minimarket di pinggir jalan. Ingat jangan beli minuman atau makanan sembarangan, pilih yang benar-benar amam untuk dikonsumsi.

3. Lengkapi surat-surat dokumen kendaraan
Pastikan Anda membawa SIM dan STNK, cek pajak STNK dan masa berlaku SIM anda, kalau sudah habis atau akan habis pajak dan masa berlakunya, segera urus sebelum Anda mudik lebaran.

Untuk mengurus dokumen kendaraan Anda seperti perpanjangan pajak STNK kendaraan, balik nama kendaraan, cabut berkas dan mutasi kendaraan, Anda dapat menggunakan Biro Jasa Mitra Samsat, informasi lebih lanjut dapat dilihat di web www.mitrasamsat.com atau menghubungi (021) 9058.0902 / 0817.0751.626.


BIRO JASA MITRA SAMSAT
(CV. Solusindo Multi Jaya)
Jl. SMEA 6 No. 21, Cawang, Jakarta Timur
Phone : (021) 9058.0902 / (021) 7088.7790
HP : 0813.8590.2680 / 0817.0751.626
BBM : 26AF7B1B
Email :
[email protected]
Website : www.mitrasamsat.com
Post Comment
Nama*
Email*
Website Contoh: http://bizweb.co.id
Komentar*
 

Masukkan Kode: